Algoritma Tebak Angka
Yuk, beri rating untuk berterima kasih pada penjawab soal!
%PDF-1.5 % 3 0 obj << /Producer (PDF-XChange 3.10.0048 \(Windows XP\)) /Creator (OFFice2PDF aplication) /CreationDate (D:20060519201827+07'00') >> endobj 4 0 obj << /Length1 16164 /Length 6339 /Filter [/FlateDecode] >> stream xÚíZ|Tŵ?3sïîæÇ’M€$ÂîæfCÂnL"V²ù±áÇF!›R³!„ß6Á$T-,¢4¨ UÔVk*Rn6‚l‰¶Öªµ`[>+øÄ_}µRE_-�û¾s7Ah}ïóÞçÓ?ÞÙá{ÎÌ9gfÎœ93÷^€ÅÓzäj\ÓæúÌ÷æÍ�±ï&šzíìe׶]Ÿûþ?Q1ì•?¯jnl ø÷9M4ÒwmÃõ-væø)Q‰{WËuM-§&Ýóc"[QÒPú‡Ÿz'PEN`”¸‡2ˆŒw€SÀ‡}3�sêJÒúV'…칯DÚF;(›N³qôõÒLz”J©šî¡itŒöÓº�½H iTA{ÈÜĩ’Ò˜Jд�®£÷è$åRˆÞf)'H-”JÅÆG !Úd‚U<•ÓOé0[ÅæQêÓ¹�y1ó£—Ò(×xÉx‡è=–mtÑtÔÞ§dCt¥Ð zÁ8'#F‹h7[Ë>"7Eh³r¹Òi¬¤)t€^a!Ô®¢Ô×ãÐ*ôz„¥±^ã„ñý\aÔ„‘¾K›àq”zùe¢\ÝI.Ê¡+i5@ûzƒ eãDÀc”@º›>å^þ+a…^šAõt=Œh¼J§ès–À&°‡Ø^”—Ù_Ô×á[ˆÚéFäÉCˆÞnäÇ!6Ž�ãi< ÑJ£<ºº-´ówÓqbaÖËž»Ô¾c˜1ÜøÀ0h,ÕÂÃô4æ8à aƒD–hSF+mjÑù›±ÂÅô §—áÇÛˆûçô76å~ï0{Œ÷à‹�œ4‰æP5Óú6ý»úý’þÊÎò8XSžUoTOw#¶9TßgÃzÆÞŒ]ŠRÊ«Xe2sa“Ø,6—-e[Ø6ÖÃÞ`opwóÕüOB/Š·”+TÕ˜Œ‘Ri4æÕh-ÃÜ„hß�õî¡géy6œå°|¬èUôÿ‚Oá(�ðcüm±QlQΩ·ö�ìû�¾³F'Y‘eÓ‡vzQø„¥Â‡<¶‚µ²wáùVþ„"BD©¨a±IÜ#~-~«\§ìUÞTg¨ ê^kCß·ú^6BÆ-ˆ#üC>ºœ&"– ›V¿”ëh-ÝL�t'òånÚI{±î£ô<½B¤?cˆ¹áórÌ~-²n#»åö8{š=Ëžgï°/dáY(¹ü ^ÂËy%_Ê7¢ÜÃ�óWù‡b”hb=ÊvqP¼¡�¢(†Z„2]ݬh͵N·.²ýæÜÇçÇžŸ»�úFö}£o[ßÓ}ó�࿇òé2xz¼| 9¸å1dâAúý†^3}ý”q¦"ãÓ™†lða×JØ46å*6åj”¬¥�-bËP:Øzö]¶�ÝÂî`÷šå~¬mû ;ˆò$;Œò ;ÁÞgbŸr$1ÈfÃx1VZΧñÙ|.ÊRތүãk°C»y7?Ä_C…G䋱Z< ~*ž_*\ñ)Š_™¯,U6(Ç”—•×•³ªS ªËÔíê3–Ëå–«-+,÷[ö[>´œ³Z¬ÕÖEÖµÖ?X ›·ÕsX÷�K®¼Ë1ÖªS®ç'p.ÒE‹z»³ð±JÜ)~§.a§…‹½É:År±ÒxDTò¿‰f6ŸeY©NKèv2Ø^þ?Ã?P†³þËUîbOòfQÎ-æ½ú{e¸²Aý�ˆ¿F“ù:ÖËŸÄãg4YÝÎN¨ÛùËäRNò¡t§ú6~:ý–/盩V¹\=KË÷Ÿ¨×#ÞSù&6VüAÙNï �ÆN³m¸5^b3•l~ /f{qãžg£éc¶šZؽ`GØY1¶GìfU<»¥s;›ˆ‡ÎKÂÍþ â),}d9|8«æ§ùÕâ)Ëq1�1Ü¿£™`…È��_}'à>wZ·ÉïY¥Ó}¸ïÏô=%olõuu3òìa᣹THßä/Òdœ�÷PjéV*¢ÃÈÁMTÈ淋Æz¶÷þU¸?9õ°TÀp[¦Á·xíÂͼ=ì›N”[éEÆi|žŠs^LÇÍ»ÍX�.Ç3ª ÏÄçi¹q•cïæŒÍTo
Wordwall menjadikan cepat dan mudah untuk membuat sumber daya pengajaran Anda yang sempurna.
Pada tulisan kali ini, Alza memberikan dua contoh game tebak angka sederhana. Kok dua sih? Ya dua game sekaligus karena keduanya terkait, lebih tepatnya lagi game kedua merupakan kebalikan dari game pertama.
Pada game pertama ini, komputer akan memilih angka secara acak dari angka 1 sampai 100. Kamu lantas diminta menebak angka yang dipilih oleh komputer dalam 7 kesempatan, lebih dari itu kamu dianggap kalah. Penasaran? Cobain aja dengan menjalankan kode di bawah ini.
Gimana? Kamu menang nggak? Kalau kamu nggak menang, coba lagi lah sampai menang. Kalau kamu menang, coba pikirin berdasarkan pola tebakan kamu, ada nggak kira-kira cara yang bisa kamu gunakan untuk memastikan bahwa kamu pasti bakalan bisa nebak sebelum kesempatan kamu habis.
Nah sekarang waktunya game kedua. Tadi kan sudah disebutkan kalau game kedua adalah kebalikan dari game pertama. Kalau game pertama kamu yang diminta nebak, pada game kedua ini kamu yang milih angka dan komputer bakal menebak angka yang kamu pilih. Untuk lebih jelasnya jalanin aja ya.
Kedua game yang ada sebenarnya merupakan contoh populer yang sering digunakan untuk mendemonstrasikan algoritma yang disebut dengan binary search. Sebuah algoritma pencarian suatu nilai tertentu pada kumpulan/himpunan nilai yang terurut.
Kalau kamu bisa selalu menebak dengan benar pada game pertama, kemungkinan secara tidak sadar kamu sudah menggunakan algoritma ini.
Pada game kedua, komputer akan selalu bisa menebak angka yang kamu pikirkan. Itu juga karena algoritma yang digunakan pada kode yang ada adalah algoritma binary search, yang penjelasannya ada pada artikel ini.
Program ini adalah permainan tebak angka dimana user akan menebak angka magic_no yang diambil secara acak oleh komputer.
Adapun program ini menggunakan perintah perulangan while, perintah seleksi if..else, perintah ambil angka secara acak yang berubah setiap kali program dijalankan dan pemanggilan function di dalam function.
Jika user berhasil tebak angka :
Jika user tebak angka salah sebanyak 5 kali :
Jika user menginput huruf dan simbol :
Jika user input angka < 1 atau angka > 50
source : program tebak angka dibuat oleh Pak Yanto di class room session 11 Algoritma & Programming
Algoritma Angka Dan Abjad